nusakini.com - Kesalahan fatal barisan belakang di awal pertandingan memaksa PSM Makassar harus menelan kekalahan tipis 1-0 dari PSIS Semarang di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Senin (22/11) malam WIB, pada laga pekan ke-13 Liga 1 2021/22.

Kekalahan itu membuat PSM tidak beranjak dari peringkat sembilan klasemen sementara dengan koleksi nilai 17. Sedangkan PSIS naik satu tangga menggusur Bali United usai mengumpulkan 23 poin.


PSIS mengawali pertandingan dengan permainan terbuka, dan langsung menekan pertahanan ke PSM. Sebaliknya, PSM terkesan menunggu sambil mencari celah memulai serangan ke area lawan.

Skema permainan ini membuat PSIS berhasil mengungguli lawannya lebih dulu ketika laga baru memasuki menit kelima. Hari Nur Yulianto menyisir sisi kanan pertahanan PSM, dan melepaskan umpan ke depan gawang.

Hashim Kipuw mencoba menghalau bola, tapi tidak sempurna. Akibatnya, Bruno Silva yang berdiri di kotak penalti tidak membuang kesempatan mendapat bola gratis, dan menceploskan si kulit bundar ke dalam gawang. 1-0 untuk keunggulan PSIS.

Gol itu melecut kepercayaan diri PSIS dengan meningkatkan tekanan ke pertahanan PSM. Bahkan Mahesa Jenar nyaris menggandakan keunggulan di menit ke-12. Hanya saja, tendangan bebas Silva menghajar mistar gawang.


PSM mulai keluar dari tekanan tuan rumah selang satu menit kemudian, dan memberikan tekanan cukup berarti di lini belakang PSIS. Yakob Sayuri melepaskan umpan menyusur tanah, namun Ilham Udin Armaiyn tidak sempurna menyambut bola.

Selepas laga berjalan setengah jam, PSM sebetulnya bisa menjebol gawang PSIS ketika Yakob Sayuri menerima umpan lambung Wiljan Pluim, dan menceploskan si kulit bundar. Namun wasit menganulirnya, karena menganggap Yakob dalam posisi off-side.

PSM mencoba mengejar ketertinggalan di waktu tersisa, tetapi mereka mengalami kesulitan membongkar tembok belakang PSIS, sehingga paruh pertama berakhir dengan skor 1-0.

Permainan antara PSIS dan PSM berjalan menarik sepanjang babak kedua. PSM yang tertinggal satu gol masih terus berusaha memecah kebuntuan, namun tetap menemui kesulitan.


Bahkan PSM nyaris kebobolan akibat blunder Kipuw yang kedua kaliya di menit ke-77. Beruntung bola halauan Kipuw hasil tendangan Riyan Ardianysah menghajar tiang kanan gawang, sehingga papan skor tidak mengalami perubahan.

PSIS masih berusaha memperbesar keunggulan mereka, dan mencoba memanfaatkan set-piece pada menit ke-81. Namun pundi-pundi gol Silva tidak bertambah, karena tendangan bebasnya menghajar mistar.

Dua menit menjelang pertandingan berakhir, PSM mendapatkan kans untuk menyamakan kedudukan. Menerima umpan Saldy, sepakan Anco Jansen berhasil diamankan kiper Eka Jandia Putra. Selepas itu, sundulan Yance Sayuri menghajar tiang kanan gawang, sehingga PSIS akhirnya mampu mempertahankan skor 1-0. (gi/om)